Sabtu, 10 Desember 2011

REFLEKSI DIRI KELOMPOK 3 DAN 4


Refleksi diri  
Kelompok 3
Judul : Cahaya dan Suhu
Cahaya merupakan faktor lingkungan yang sangat penting sebagai sumber energi utama bagi ekosistem.Peran ncahaya terhadap tanaman meliputi fotoperiodism, fotoenergetic,fotodestruktif, fotocybernetic, fotomorgenesis,dan fototropism.
    Suhu merupakan faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Suhu berkorelasi positif denganradiasi mata hari, suhu tanah maupun udara disekitar tajuk tanaman. Tinggi rendahnya suhu disekitar tanaman ditentukan oleh radiasi matahari,  kerapatan  tanaman,  distribusi  cahaya  dalam  tajuk  tanaman,kandungan lengas tanah. Yang perlu diketahui :
·       Suhu penting bagi tumbuhan sebagai organisme Poikilotermik dan Stenotermik.
·       Suhu sebagai variasi dan stratifikasi secara horizontal dan vertical di atas permukaan tanah dan kedalaman di bawah permukaan tanah dan air.
·       Zonazi tumbuhan berdasarkan suhu ( zona thermo-ekologi dan Demokrasi floristic ).
Strategi tanaman terhadap suhu ekstrim adalah Suhu yang tinggi bisa juga memberikan pengaruh terhadap kekurangan air bagi tumbuhan. Apbila pada  musim kering itu bersifat periodik dan merupakan karakteristik daerah tersebut, maka tumbuhan yang ada disekitarnya akan memperlihatkan penyesuaian dirinya. Dan berbagai cara penyesuaian terhadap lingkungannya tergantung pada tumbuhan tersebut. Macam – macam tumbuhan yang berdasarkan toleransi terhadap lingkungan adalah hidrofit, halofita, xerofita, dan mesofita.
Kelompok 4
Judul : Atmosfer dan Air

Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa.
Lapisan yang berada di atmosfer adalah: Troposfer, ststosfer, mesosfer, termosfer, ionosfer dan eksofer.
Pengaruh angin terhadap tumbuhan dibagi menjadi 2 yaitu secara langsung dan secara tidak langsung. Jika  secara langsung angin yang kuat akan membatasi pertumbukan tanaman dan mengakibatkan kerusakan fisik pada tanaman tersebut. Jika secara tidak langsung angin akan mempengaruhi transpirasi dengan bergeraknya uap air dari sekitar tumbuhan, sehingga memberikan peluang untuk tumbuhan terjadinya penguapan.
Penyerbuakan tumbuhan yang dibantu oleh angin sangat membantu dalam proses penyebaran tumbuhan,angin juga membantu dalam proses penyerbukan atau pembuahan beberapa jenis tumbuhan,sehingga proses regenerasi tumbuhan dapat berlangsung.
Air merupan kebutuhan terpenting untuk semua bentuk kebutuhan hidup di bumi dan merupakan sumber kehidupan di muka bumi. Tanpa air seluruh organisme tidak akan dapat hidup. Bagi tumbuhan, air mempunyai peranan yang penting karena dapat melarutkan dan membawa makanan yang diperlukan bagi tumbuhan dari dalam tanah.
Penyebaran tumbuhan yang dibantu oleh air adalah jenis buah-buahan yang penyebarannya oleh air pada umumnya memiliki jaringan pengapung (seperti gabus) yang terisi udara atau jaringan yang tak basah oleh air.
 Fungsi air bagi tumbuhan adalah
·       Penyusun tubuh tanaman ( 70%-90%).
·       Pelarut dan medium reaksi biokimia.
·       Medium transport senyawa
·       Memberikan tugor bagi sel ( penting untuk pembelahan sel dan perbesaran  sel)
·       Bahan baku fotosimtesis
·       Menjaga suhu tanaman supaya konstan.



    




Tidak ada komentar:

Posting Komentar