Sabtu, 17 Desember 2011

REFLEKSI DIRI KELOMPOK 5 DAN 6

Refleksi diri
Kelompok 5 dan 6
Kelompok 6: Tanah, Topografi  dan Faktor lingkungan biotik dan interaksinya.
Tanah adalah lapisan permukaan bumi yang secara fisik berfungsi sebagai tempat tumbuh & berkembangnya perakaran penopang tegak tumbuhnya tanaman dan menyuplai kebutuhan air dan udara.
Faktor endofik ( tanah)
Tanah dan bahan tanah, tanah sebagai medium, fisika tanah , kimia tanah , organisme dalam tanah , profil tanah .Tanah tersusun atas 4 bahan utama: mineral , udara, bahan organik dan air.Garis besar tanah adalah padatan,cairan dan gas. Bahan kimia yang terdapat di dalam tanah adalah :Ph,C-organik,N-total, pupuk , air hujan, P.Bray,kalium, natrium, kalsium, Mg, KTK,kejenuhan basa.
Profil tanah : kumpulan berbagai macam lapisan tanah,sedangkan horizon adalah lapisan – lapisan yang menyusun tanah.

1.   Horizon O,yakni horizon tanah yang didominasi oleh bahan organik
2.    Horizon A,yakni horizon mineral yang terbentuk di permukaan atau di bawah horizon O yang menunjukkan kehilangan keseluruhan
3.     Horizon E, yakni horizon tanah mineral dengan karakteristik khusus, telah terjadi kehilangan lempung silikat,besi aluminium, atau kombinasinya, dan yang tinggal merupakan akumulasi debu atau pasir
4.     Horizon B, yakni horizon tanah yang terbentuk di bawah horizon A,E, atau O yang bersifat rapuh dan memiliki warna value rendah
5.     Horizon C, yakni horizon yang tidak termasuk batuan induk yang keras dan tidak mempunyai sifat-sifat horizon O, A, E, atau B 
6.     Horizon R, yakni horizon tanah yang terbentuk dari batuan induk yang keras termasuk granit, basal, quarsitik, dan batuan kapur keras.
Topografi tidak hanya mengenai bentuk permukaan saja, tetapi juga vegetasi dan pengaruh manusia terhadap lingkungan, dan bahkan kebudayaan lokal. Topografi umumnya menyuguhkan relief permukaan, model tiga dimensi, dan identifikasi jenis lahan.
Aktivitas mikroorganisme dalam tanah ditentukam ada tidaknya senyawa anorganik. Aktivitas mikroorganisme dipengaruhi oleh sifat sifat yang dimiliki tanah baik itu sifat kimia, sifat fisika, ataupun biologi.
Faktor lingkungan biotik dan abiotik
Faktor biotik : faktor hidup yang meliputi semua makhluk hidup
Faktor abiotik : faktor yang terdiri dari benda tak hidup.
  • Bentuk – bentuk Interaksi
  1. Manusia dengan tumbuhan, manusia secara tidak langsung berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Karena manusia juga terlibat dalam penjagaan dan perlindungan terhadap tumbuhan. 
  2.  Manusia dengan hewan, misalnya serangga yang membantu tumbuhan dalam penyebaran flora atau tumbuhan yaitu melalui proses penyerbukan.
  3. Tumbuhan dalam komunitas, misalnya tumbuhan yang memiliki zat alelopati maka secara otomatis akan mengganggu tumbuhan lain yang ada dalam suatu komunitas tersebut.
Pada salah satu pertanyaan apakah semakin dalam tanah tersebut maka akan semakin subur? Tidak, semakin dalam keadaan tanah, tanah tersebut tidak subur karena terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya, seperti adanya partikel-partikel kimia yang mempengaruhi, terdapat adanya mikroorganisme yang tidak banyak, dll.Apabila semakin dipermukaan maka akan banyak terdapat banyak mikroorganisme yang terkandung maka tanah akan subur dan banyak bakteri pengurai.
Kelompok 6: Populasi
Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang hidup pada suatu daerah dan waktu tertentu.
Contoh populasi dari komunitas sungai dapat berupa populasi rumput, populasi ikan, populasi kepiting, populasi sumpil, dan lain-lain Antara populasi yang satu dengan populasi lain selalu terjadi interaksi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam komunitasnya. Penyebaran populasi ada 2 yaitu Endemik dan Kosmopolitan   
Ada beberapa konsep spesies antara lain:
Konsep spesies Biologis 
Konsep spesies pengenalan
Konsep spesies kohesi
Konsep spesies ekologis
Konsep spesies evolusioner
Spesies sebagai unit ekologi 
Spesies atau jenis adalah suatu takson yang dipakai dalam taksonomi untuk menunjuk pada satu atau beberapa kelompok individu (populasi) yang serupa dan dapat saling membuahi satu sama lain di dalam kelompoknya (saling membagi gen) namun tidak dapat dengan anggota kelompok yang lain.
Karakteristik populasi
1.Kepadatan
Kepadatan populasi ialah besarnya populasi dalam hubungannya dengan suatu unit atau satuan ruangan
2. Natalitas
Natalitas Adalah produksi individu-individu baru di dalam populasi melalui kelahiran, hatching(menetas), germinasi atau pembelahan. 
3.  Mortalitas (Kematian)
Mortalitas adalah jumlah individu dalam populasi yang mati selama periode waktu tertentu. Mortalitas atau kebalikannya survival, bisa dilihat dari berbagai aspek. Longitivitas difokuskan pada usia kematian dari individu dalam populasi.
Pertumbuhan Eksponensial
Pertumbuhan yang terjadi jika populasi ada dalam sesuatu lingkungan ideal baik, yaitu ketersediaan makanan, ruang dan kondisi lingkungan lainnya tidak beroperasi membatasi, tanpa ada persaingan dan lain sebagainya. 
Pertumbuhan Sigmoid
Pada pertumbuhan populasi yang berbentuk sigmoid ini, populasi mula-mula meningkat sangat lambat (fase akselerasi positif). Kemudian makin cepat sehingga mencapai laju peningkatan secara logaritmik (fase logaritmik), namun segera menurun lagi secara perlahan dengan makin meningkatnya pertahanan lingkungan.
Komunitas
Kumpulan dari berbagai populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar